Hal- hal yang Harus Diperhatikan Saat UN

Posted by Erick Kusuma Selasa, 02 April 2013 0 komentar

Ternyata kegagalan dalam Ujian Nasional (UN) tidak hanya disebabkan pada ketidaksiapan siswa terhadap materi saja. Sebab, banyak siswa yang cerdas dan sebenarnya memperoleh nilai tinggi di UN tetapi harus menerima kenyataan pahit karena Lembar Jawaban Komputer (LJK) miliknya tidak terscan di mesin scanner.

Hal-hal yang membuat LJK tidak terscan saat dilakukan koreksi jawaban adalah sebagai berikut.

-  Pertama, jangan pernah mencoba menggunakan alat tulis selain pensil 2B. Sebab, dalam POS Ujian Nasional (UN) yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan wajib menggunakan pensil 2B agar dapat terpindai dengan baik.

-  Kedua, cara penghitaman LJK. Sebenarnya, cara penghitaman ini sudah berulang kali dijelaskan. Namun selalu terjadi, banyak siswa yang masih salah sehingga jawaban tidak terbaca. Cara menghitamkan jawaban ialah dimulai dari titik tengah bulatan, bukan dari tepi bulatan. Kemudian diputar hingga tepi bulatan dan jangan melewati tepi. Cara ini lebih menghemat waktu daripada mengarsir bulatan secara diagonal.

-  Ketiga, hindari mencoret LJK di bagian yang tidak diminta karena akan mengakibatkan LJK tidak terscan. Salah satunya adalah tanda hitam di pinggir LJK yang merupakan penanda, sebaiknya jangan dicorat-coret.

Jika diminta mengisi tanda tangan, maka lebih baik tetap menggunakan pensil dan jangan sampai melebihi kotak apalagi mengisi tanda tangan di luar kotak. Pernah kejadian, seorang murid yang sedang mengisi "biodata", bukannya mengisi tanda tangan malah membuat gambar di LJK.

-  Keempat, teliti dalam mengisi LJK. Seringkali siswa lupa menghapus jawaban yang salah dengan kurang bersih sehingga jawaban pada suatu nomor menjadi double. Hal ini termasuk saat mengisikan nama dan identitas di LJK. 

Perbedaan nama atau identitas juga mengakibatkan LJK tidak terbaca. Misalkan, nama saya Mohammad Erick Kusuma. Pada hari pertama saya menulis nama di LJK "M ERICK KUSUMA". Hari kedua hanya ditulis ERICK KUSUMA dan hari ketiga ERICK K. Itu tidak akan bisa terakumulasi nilainya sehingga merugikan.

Kadang hal kecil seperti itu bisa saja membuat hasil bagus yang kita impikan berubah menjadi mimpi buruk. Repair your self and do the best!

0 komentar:

Poskan Komentar

Yours

Total Tayangan Laman